Jumat, 25 Januari 2013

Undangan Pernikahan, Gampang!


“Andra, kita pasti undang temen-temen ‘the  Tea’ ke wedding kita kan?”
“Pasti. Tapi bukannya mereka udah di luar kota sama di luar negeri?”
“Iya. Ya udah, di pos aja. Gampang kan?”
“Lama lah Cha, ada cara yang bisa lebih cepet nggak? Waktunya udah mepet.”
“Hm,,,iya juga sih. Bingung deh.”

Berkaitan dengan, undangan pernikahan piranti ini emang wajib dibuat bagi pasangan yang hendak menikah. Biasanya tiap pasangan membuat dengan desain yang apik dan di kemas dengan menarik. Undangan lalu disebarkan ke sanak saudara, sahabat, teman, bahkan rekan kerja. Tapi, biasanya undangan ini hanya bisa menjagkau jarak yang dekat saja. Sayang banget kan?

Nah sobat, kamu mengalami masalah yang sama dengan cerita persiapan pernikahan Andra dan Chantika? Tenang, nggak usah bingung, panik, apalagi galau. Di zaman seperti sekarang ini, teknologi informasi udah canggih hingga jarak dan waktu terasa makin sempit. Handphone dan internet menjadi alat komunikasi yang paling banyak digunakan oleh manusia. Riset membuktikan, jumlah pengguna handphone saat ini mencapai sekitar 6 milyar1. Begitu pula dengan jumlah pengguna internet yang nggak kalah dahsyat. Menurut Internet World Stats2,jumlah pengguna internet mencapai  2.405.518.376 yang tersebar di seluruh dunia. Jumlah itu menunjukkan betapa pentingnya handphone dan internet karena semua itu guna mempermudah aktivitas manusia.

Setiap pengguna handphone pasti sering mengirim dan menerima SMS. Nah, gimana jadinya seumpama undangan pernikahan di kirim lewat SMS? Rasanya nggak sopan kalau kita mengirim undangan pernikahan lewat SMS. SMS yang masuk pun bisa saja tak sengaja terhapus. Lewat telepon, pasti mahal. Belum lagi kalau orang yang kita undang itu lupa dengan tanggal dan tempat wedding kita. Bahaya kan? Selain itu, orang yang kita undang pun juga tidak dapat melihat keunikan undangan pernikahan yang kita buat.
So, pilihan terakhirnya kita manfaatkan saja internet dan buat invitation online. Memang di Indonesia, belum banyak orang yang menggunakannya. Padahal, undangan pernikahan online justru mempunyai banyak keunggulan dibanding undangan pernikahan cetak. Apa saja keunggulannya?  

Pertama, tak butuh banyak waktu,  hanya dengan satu atau beberapa kali online, invitation online pun sampai  kepada orang yang kita tuju. Mudah bukan?
Kedua,
undangan pernikahan yang dibuat lebih variatif dan menarik. Undangan bisa dibuat  dengan aplikasi yang menarik hingga orang yang menerimanya pun dapat merasakan keunikannya. Ditambah kita bisa menggunakan bebrapa aplikasi khusus misalnya gambar bergerak, gambar 3D atau tiga dimensi, dan lain-lain. Ketiga, hemat kertas. Dengan menghemat penggunaan kertas, maka kita juga ikut melakukan go green and save our earth from global warming. Dan yang terkhir, dari segi biaya tentu sangat hemat dibanding membuat undangan cetak. Uang pun bisa digunakan untuk keperluan lain, misalnya ditabung, membeli perabotan rumah, dan lain-lain.

Tapi sobat, kita juga tidak dapat memungkiri bahwa invitation online juga mempunyai beberapa sisi kekurangan. Pertama, untuk membuka undangannya, otomatis kita harus menggunakan komputer, laptop atau gadget yang terhubung dengan internet. Agak ribet juga kan, seumpama kita nggak punya modem, kita harus cari wifi atau pergi ke warnet. Kedua, dari segi etika kalau undangan itu ditujukan kepada keluarga, kerabat,  atasan, ataupun orang – orang yang masih satu daerah, rasanya kurang sopan jika tidak menggunakan undangan cetak.

Bagaimanapun sobat, melihat keunggulannya, invitation online dapat menjadi satu alternatif pilihan bagi para pasangan yang akan menikah. Namun, dalam penggunaannya juga harus bijak. Tidak lantas semua undangan pernikahan dalam bentuk  invitation online. Tetapi kita juga tetap menggunakan undangan cetak. Sebagai saran, invitation online hanya ditujukan pada sahabat atau teman kita yang berada jauh dari kita seperti pada cerita Andra dan Chantika.


Sumber data  : 


1 komentar:

  1. Nice artikel...
    boleh juga ya datangya :-)
    silahkan mampir ke tempat saya di http://farichatuljannah.blogspot.com/2013/02/datangyacom-ahlinya-undangan-pernikahan.html
    terimakasih

    BalasHapus